Membuat Material Plastik Dof Dengan Menggunakan 3DS MAX 2013
Artikel saya kali ini adalah membuat sebuah objek dengan material plastik Dof. Tujuan utama dari artikel kali ini adalah tentang materialnya, jadi untuk objek buat saja sembarang objek.
Nah untuk mempercepat pekerjaan kita, langsung saja deh kita ke TKP, ayo kita kemon....
Ini adalah hasil akhir dari render palstik dof yang akan kita buat, nanti teman-teman tinggal mengaplikasikan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan atau praktek teman-teman nantinya. Biasanya kalau saya material seperti ini selalu saya buat untuk mendesain kaca lemari atau kamar di pekerjaan saya, memang ada sedikit perbedaan, nanti akan saya jelaskan perbedaannya diartikel saya yang lain.
Ini dia...
Nah untuk tahapan pembuatanya adalah sebagai berikut :
> Pertama sekali kita buat sebuah box dan sebuat teapot dan tempatkan diatas sebuah planer
> Kemudian kita masuk ke material dengan menekan tombol M pada keyboard
> Coba kita perhatikan material editor berikut...!
> Klik di kotak nomor satu
> Kemudian klik di kotak nomor empat ( diffuse )
> Kemudian pilih warna yang anda inginkan. Kali ini saya sendiri memilih warna merah
> Lalu dibawah kotak putih terdapat parameter specular level kemudian ubah menjadi 25
> Berikutnya pada parameter glossiness menjadi 15
> Kemudian klik di kotak nomor lima ( Maps )
> Contreng dibagian reflection untuk mengaktifkan
> Disebelah kanan terdapat tombol none, kemudian klik
> Akan muncul tampilan berikut, lalu pipih Falloff
> Maka akan muncul tampilan berikut :
> Klik tombol none disamping kotak warna putih
> Kemudian pilih Raytrace (Gambar diatas)
> Pada Falloff parameter ubah falloff type menjadi Fresnel dan pada Falloff Direction pilih Viewing Direction (Camera Z-Axis)
> Kemudian lakukan cara yang sama untuk objek teapot
Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat, kalau bermanfaat silahkan tinggalkan komentar ya...
nice tutorial pak, ditunggu hasil yg lainnya
ReplyDelete