2012-04-19

Belajar Boolean 3DS Max 2011


Boolean merupakan operasi matematika yang artinya beririsan. Mungkin teman-teman masih ingat ketika pelajaran matematika kita waktu SMP. Nah dasar programmer 3ds max juga mengambil operasi itu sebagai acuan dalam membuat software 3ds max.
Disini kita akan mempelajari beberapa buah jenis pengirisan yang disediakan oleh 3ds max yaitu :
Dalam artikel kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana penggunaan ketiga fungsi dari pengirisan diatas. Selain ketiga fungsi diatas masih ada juga fungsi yang lain yang kegunaanya hampir sama, teman-teman juga dapat mencobanya sendiri. Untuk memperjelas pengertian anda tentang ketiga fungsi tersebut dapat anda baca pada linknya masing-masing, silahkan klik kata demi kata.

Ayo sekarang kita langsung saja pada prakteknya ya, silahkan ikuti petunjuk berikut :

·         Buatlah sebuah box pada viewport, terserah anda ukuranya berapa yang jelas masih dapat dilihat dengan baik oleh anda, kalau pun terlanjur membuat terlalu besar atau terlalu kecil, anda dapat merubah zoomnya, bagaimana caranya coba lihat lagi di artikel saya sebelumnya pelajaran bab1.

·         Lalu buat sebuah silinder dengan tinggi melebihi tinggi box, tempatkan silinder tersebut tepat ditengah-tengah box dan menembus box dari atas ke bawah.

·         Klik pada boxnya
·         Lalu pilih compound objects pada Geometri List
·         Kemudian pilihlah Boolean
·         Perhatikan pada bagian bawah parameter, anda akan menemukan beberapa fungsi Boolean disitu.
·         Pilihlah salah satu fungsi yang anda inginkan
·         Kemudian klik tombol “ Pick Operand B”
·         Lalu klik objek silinder yang ada di viewport.
Tada… sekarang kelihatan kan hasilnya, sekarang lakukan hal yang sama dengan meilih fungsi-fungsi Boolean yang lain ya...

 Gambar di atas adalah Operasi Union

Gambar di atas adalah hasil operasi Intersection




gambar diatas merupakan hasil operasi dari subtraction A-B


…Selamat mencoba…

1 comment:

  1. Wynn Hotel and Casino in Las Vegas NV Jobs, Employment | JT-H
    JT-H offers 392 Wynn Las Vegas 전라남도 출장샵 jobs, 3 full time jobs and 60% payback for 3 전주 출장안마 years. Learn 삼척 출장마사지 about JT-H's culture, 서귀포 출장안마 salaries, 하남 출장안마 benefits,

    ReplyDelete