2012-04-17

Fungsi Boolean Pada 3DS MAX

Beberapa Penjelasan Fungsi Boolean pada 3ds max
Union
Union merupakan fungsi Boolean dimana objek A dan Objek B digabungkan menjadi satu bagian atau satu objek yang utuh. Nah anda juga dapat menggabungkan beberapa buah objek menjadi satu buah objek yang utuh. Objek yang telah di union akan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan lagi, untuk itu hati-hati dalam melakukan union, cek terlebih dahulu objek yang akan kita union pastikan tidak ada lagi yang salah, lalu lakukan proses union. Warna dari objek juga akan menjadi satu warna, yaitu warna dari objek A. Coba perhatikan gambar berikut :










 











Nah bagaimana kalau membuat suatu objek dimana pada bagian-bagian tertentu terdapat warna yang berbeda ?. Pertanyaan ini pasti akan muncul setelah kita akan membuat sebuah objek yang kompleks seperti mesin, rumah dll. Caranya mudah kok… Cara itu dapat dilakukan dengan penggunaan material dan penggunaan ID, tetapi sabar dulu pembelajaran itu tidak kita bahas sekarang , jadi tetap kunjungi blog ini untuk memperoleh artikel selanjutnya ya…

Intersection
Intersection merupakan fungsi Boolean dimana objek A yang bersentuhan atau beririsan dengan objek B diambil menjadi sebuah objek yang baru. Fungsi ini biasanya saya guanakn untuk menggambar komponen-komponen pada mesin. Nah untuk lebih gampangnya akan saya jelaskan dengan gambar berikut : 



 









Subtraction
Subtraction merupakan fungsi Boolean dimana objek A dipotong atau dikurangi oleh besarnya bagian dari objek B yang bersentuhan langsung dengan dengan objek A. Fungsi ini biasanya kita pakai untuk beberapa bagian mesin dan membuat rumah. Contoh untuk rumah nanti akan kita pakai membuat kusen jendela atau dinding rumah. Untuk lebih jelasnya coba kita perhatikan gambar dibawah ini :



No comments:

Post a Comment