2012-06-29

Animasi Udara Dengan Menggunakan Gizmo Pada 3Ds Max

Animasi Udara Dengan Menggunakan Gizmo Pada 3Ds Max

Kali ini kita akan membuatkan animasi udara dengan menggunakan Gizmo. Agar animasi kelihatan lebih menarik kita akan buatkan kondisi udara berada di dalam sebuar ruangan tertutup. Modeling Gizmo ini biasa juga dipakai untuk membuat objek awan. Silahkan dibaca artikel saya yang lainya tentang membuat model awan di 3Ds Max 2013

Sebelum melanjutkan telebih dahulu saya akan beritahu spesifikasi  komputer yang saya gunakan dan versi 3Ds Max yang saya gunakan.

Saya menggunakan laptop dalam membuat setiap animasi yang saya lakukan karena alat yang saya pakai sehari-hari adalah laptop kesayangan saya. Laptop saya tidak terlalu keren sih tapi dia adalah sahabat saya yang memberi saya makan dan merupakan sumber penghasilan utaman saya. Spesifikasinya adalah core2 Duo dengan prosesor 2,4GHz, Ram 4GHz dan HDD 500GB. Sedangkan untuk 3Ds Max yang saya pakai ada dua versi. Versi yang pertama adalah 3Ds Max 2013 original lho…Gak mahal kok dibanding manfaatnya yang begitu besar. Versi yang kedua saya masih pakai yang lama yaitu versi 5 sudah jadul tapi masih tetap tangguh lho…

Nah untuk membuat animasi udara kali ini saya menggunakan 3Ds Max versi 2013. Nah kalau anda punya versi dibawahnya tidak apa-apa fitirnya hampir sama kok..
Ok deh sekarang kita mulai cara membuat animasinya, ayo kita kemon…
-    Langkah pertama buka 3Ds Max versi 2013 anda

-    Bentuklah sebuah model ruangan tertutup yang sederhana saja dengan menggunakan box. Tidak pelu terlalu complex karena tujuan utama kita adalah membuat animasi udara, bukan ?

-    Selanjutnya box-box tersebut di Boolean agar bentuknya lebih bagus.
-    Kemudian buatlah setiap dinding menjadi transparan agar proses penghisapan udara kelihatan.

-    Kemudian masuk ke menu creat lalu pilih menu helpers
-    Pada menu helpers pilihlah Atmospheric Apparatus
-    Pada menu ini ada tiga pilihan, kita pilih saja BoxGizmo lalu tempatkan di dalam kotak tadi
-    Setelah kita buat, masih belum kelihatan apapun jika di render, kita masih butuh beberapa langkah untuk membuat udara tersebut kelihatan.

-    Select Box Gizmo lalu klik menu modify
-    Klik tombol ADD
-    Pilih Fire Effect lalu klik OK
-    Lalu akan mucul tulisan Fire Effect di bawah tombol ADD tadi
-    Klik tulisan Fire Effect lalu klik tombol Setup
-    Scroll kebawah lalu isi nama atmosphere effect “ Angin”

-    Kemudian gantilah warna Gizmo jadi warna putih, putih agak gelap, lalu hitam

-    Tekan F9 untuk melihat hasilnya
Untuk membuat animasi udara tersebut bergerak dan terhisap oleh vacum silahkan baca Artikel selanjutnya animasi penghisapan udara. Di artikel berikutnya kita juga akan belajar bagaimana udara didalam ruangan tersebut bergerak seolah ada tekanan yang membuatnya bergerak dan dibatasi oelh ruangan tersebut.

Hasil akhirnya akan mirip seperti video berikut :




2 comments:

  1. keren,, dan Mantap ,,, ,, Tapi ak masih Binggung gambar untuk apa itu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini belum selesai bro, jadi belum kelihatan hasilnya, tunggu artikel berikutnya yang menjelaskan tentang bagaimana cara membuat udara yang berada di dalam kotak tersebut disedot oelh sebuah motor vacum...

      Delete