2012-04-27

Membuat Objek Dengan Menggunakan Loft Di 3Ds Max 2011

Loft adalah salah satu fungsi yang sangat menarik dan sangat membantu saya dalam membuat objek-objek yang sangat rumit bentuknya. Loft bekerja membentuk suatu objek dari dua buah spline. Kita sebut saja spline A adalah spline garis yang berbentuk setengah lingkaran, lalu spline B adalah spline cyrcle. Jadi si B akan membentuk sebuah objek mengikuti bentuk dari si A.

Loft ini biasanya saya pergunakan di tempat kerja untuk membuat objek komponen-koponen pada mesin. Nah untuk contoh yang akan kita ambil disini ada dua saja, yaitu membuat kunci L dan membuat gembok. Saya rasa dua objek ini sudah cukup untuk mewakili objek-objek lain yang akan kita kerjakan ditempat kita bekerja.

Ok tidak perlu berpanjang lebar lagi, langsung saja kita mulai berkreasi


  • Buka 3Ds Max 2011
  • Klik menu Create
  • Klik menu Shapes
  • Pilih menu Splines pada bagian Order List Shapes
  • Klik kotak menu Line, lalu gambar sebuah bentuk sembarangan saja pada viewport
 






  • Kemudian klik kotak menu cyrcle, lalu gambar di viewport
 











  • Laluklik menu Geometry
  • Kemudian pilih Compound Object pada list order Goemetry
  • Lalu klik kotak menu Loft
 











  • Pada bagian Creation Methode, klik Get Path
  • Kemudian klik objek line yang telah kita buat pada viewport
 








Tada..sekarang sudah jadi deh objek Loft yang kita inginkan..sekarang tinggal giliran anda untuk mencobanya…untuk membuat kunci L dan Gembok...Selamat mencoba...

2012-04-25

Membuat Gelas Dengan Material Kaca Di 3Ds Max 2011


Seperti janji saya sebelumnya, saya akan membuat artikel untuk membuat material kaca untuk gelas. Caranya sederhana dan singkat jadi sangat gampang untuk dipelajari.

Langsung saja kita mulai karena saya tahu anda sudah tidak sabar lagi untuk melakukan percoabaan. Sekarang kita buka projek gelas kita yang sebelumnya.

Setelah projek kita terbuka langsung saja tekan huruf M pada keyboard atau boleh juga dari Menu Rendering > Material Editor > Slate Material Editor


Klik ganda salah satu samplet slot yang terdapat seperti gambar dibawah


Maka akan muncul seperti gambar dibawah > kemudian klik ganda pada bagian tersebut


Maka akan muncul tanpilan seperti dibawah > Lalu klik Maps


Maka akan muncul seperti tampilan dibawah > Lalu klik pada kotak None pada bagian Reflection


Maka akan muncul tampilan seperti dibawah > Lalu klik ganda pada Flat Mirror


Berikutnya Klik pada Kotak None di bagian Refraction > Maka akan muncul tampilan seperti berikut
Kemudian klik ganda Raytrace 


Kemudian klik Asign Material To Selection di menu bar Material Editor


..Selamat Mencoba..

2012-04-24

Galery Rendering 3Ds Max 2011

Berikut adalah galeri rendering objek-objek yang telah saya buat dengan 3Ds Max 2011. Dalam keseluruhan artikel yang saya akan buat sudah termasuk cara membuat kesemua isi galery ini. Jadi tetap kunjungi blog saya untuk mendapatkan artikel-artikel berikutnya.


Objek Gedung juang
Objek ini banyak menggunakan fungsi boolean, pemanfaatan material dan pencahayaan. Kebanyakan bentuk dasarnya dibuat dari box dan silinder yang terdapat pada standart primitive.


Objek Pos Jaga
Hampir sama dengan objek Gedung juang , dalam pembuatan pos jaga ini juga bentuk dasar dibuat dengan menggunakan box.


Gedung 2 Lantai
Objek ini memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi dari bentuk gedung juang dan pos jaga. Bentuk dasarnya tetap terbuat dari box juga, tetapi yang menjadi tingkat kerumitan ketika membuat tiang pembatas tangga. Untuk dinding dan atap tetap hanya menggunakan material. Untuk membuat tangga,pintu, jendela dan pohon sudah ada di 3Ds Max itu sendiri jadi tinggal pilih saja.


Gelas Kaca
Nah untuk membuat gelas seperti ini caranya sangat gampang, tetapi kita butuh rendering V-ray. Dalam artikel selanjutnya kita juga akan membahas tentang tehnik v-ray tapi sabar ya menunggu. 


Sekilas tentang v-ray
V-Ray merupakan tehnik pencahayaan yang lebih mudah dan sederhana dibanding dengan pencahayaan biasa. V-Ray juga memungkinkan kita untuk melakukan setting terhadap material sangat mudah dan sederhana, jadi cenderung orang akan lebih memilih menggunakan V-Ray daripada render biasa.



Berikut adalah daftar galeri yang lain yang akan menjadi topik dari Blog ini, jadi tetap kunjingi ya..


 Tunggu Artikel Cara Pembuatanya ya, tetap kunjungi blog saya...



2012-04-23

Cara Menggunakan Lathe di 3Ds Max 2011 ( Membuat Objek Gelas )


Salah satu kegunaan lathe dapat kita lihat ketika kita membuat sebuah objek gelas. Dengan adanya lathe ini kita tidak perlu mendesain gelas dari awal, membuat lekukan dan bentuk yang sangat rumit hanya untuk mendapatkan sebuah objek gelas. Tetapi dengan lathe kita hanya butuh melakukan beberapa langkah singkat saja dan akan menghasilkan objek gelas. Lathe juga dapat kita aplikasikan untuk membuat beraneka ragam bentuk objek sesuai dengan keinginan kita yang penting bentuknya simetris.

Jadi lathe itu berguna untuk membentuk objek mengikuti penampang dasar, lalu penampang dasar tersebut di putarkan 360 derajat membentuk sebuah benda melingkar. Besar derajat nya dapat kita atur, tetapi standarnya adalah 360 derajat. Dengan lathe kita juga dapat membuat pipa dengan kondisi separuh terpotong, atau mangkuk dengan kondisi terbelah, atau bola yang terbelah dll. 

Nah sekarang langsung saja kita ke TKP ya biar lebih jelas.…

Objek yang akan kita buat adalah sebuah gelas. Nah yang penting kita harus bisa membayangkan gelas itu bentuk penampangnya seperti apa, ayo kita mulai...

  • Buka 3Ds Max 2011
  • Masuk ke menu Creat
  • Klik menu Shapes
  • Pastikan order listnya pada Spline
  • Gunakan Line untuk menggambar penampang gelas seperti gambar di bawah

  • Nah kalau kita perhatikan gambar yang telah kita buat, pasti bentuknya agak kaku, bagian sudutnya kaku dan tidak mungkin donk gelas bentuknya seperti itu. Nah kita perlu sedikit sentuhan untuk memperbaiki bagian ini. Coba ikuti langkah berikut ya…
  • Klik kanan pada objek
  • Pilih Convert To > Lalu pilih convert to editable Spline

  • Klik pada Vertex

  • Kemudian klik pada sudut yang akan kita modifikasi
  • Lalu klik kanan > pilih smooth
  • Kemudian atur bentuk sudut sesuai kebutuhan anda dengan menggunakan move tools.


  • Kemudian non aktifkan vertex dengan mengklik vertex tersebut
  • Kemudian pada modifier list pilih lathe
  • Tada…sekarang kelihatan hasilnya kan….nah sekarang tinggal merubah parameter sedikit lagi untuk menghasilkan bentuk yang lebih sempurna.
  • Klik Min pada bagian align…nah beres kan….


OK artikel berikutnya kita akan belajar bagaimana membuat material pada gelas agar gelas itu benar-benar gelas yang terbuat dari kaca...

Selamat mencoba ya…

2012-04-21

Cara Mengganti Background 3Ds Max 2011


Biasanya hasil render yang kita lakukan memiliki background hitam saja. Kalau dengan background hitam kan kurang menarik tuh untuk dilihat padahal kita sudah desain objek kita sebagus mungkin. Tetapi jangan pusing, 3ds max sudah memikirkan itu terlebih dahulu, hanya saja kita butuh sedikit melakukan settingan. Ayo kita lihat caranya…
  • Klik rendering yang terdapat pada menubar.
  • Lalu klik Environment

 









  • Anda akan melihat tulisan background disana dengan kotak warna hitam




 





  • Apabila anda ingin mengganti background dengan warna lain, langsung saja klik pada warna hitam tersebut, lalu pilih warna yang anda inginkan.





 
  • Nah gampang kan….
  • Berikutnya, bagaimana membuat background menjadi wallpaper. Nah cara gampang juga, langsung saja dari menu yang sama kita beranjak ya…
  • Klik tombol None yang ada disamping kotak berwarna hitam tadi
  • Lalu akan muncul menu Material/Map Browser, langsung saja klik pada Maps











  • Kemudian double klik pada Bitmap
  • Lalu akan muncul Browser Select Bitmap Image File, nah dari browser ini anda dipersilahkan untuk mencari wallpaper yang akan anda jadikan menjadi background.









  • Setelah anda pilih, lalu klik open
  • Nah… selesai deh…tinggal close dan lakukan proses render
Tada…muncul kan….

2012-04-19

Belajar Boolean 3DS Max 2011


Boolean merupakan operasi matematika yang artinya beririsan. Mungkin teman-teman masih ingat ketika pelajaran matematika kita waktu SMP. Nah dasar programmer 3ds max juga mengambil operasi itu sebagai acuan dalam membuat software 3ds max.
Disini kita akan mempelajari beberapa buah jenis pengirisan yang disediakan oleh 3ds max yaitu :
Dalam artikel kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana penggunaan ketiga fungsi dari pengirisan diatas. Selain ketiga fungsi diatas masih ada juga fungsi yang lain yang kegunaanya hampir sama, teman-teman juga dapat mencobanya sendiri. Untuk memperjelas pengertian anda tentang ketiga fungsi tersebut dapat anda baca pada linknya masing-masing, silahkan klik kata demi kata.

Ayo sekarang kita langsung saja pada prakteknya ya, silahkan ikuti petunjuk berikut :

·         Buatlah sebuah box pada viewport, terserah anda ukuranya berapa yang jelas masih dapat dilihat dengan baik oleh anda, kalau pun terlanjur membuat terlalu besar atau terlalu kecil, anda dapat merubah zoomnya, bagaimana caranya coba lihat lagi di artikel saya sebelumnya pelajaran bab1.

·         Lalu buat sebuah silinder dengan tinggi melebihi tinggi box, tempatkan silinder tersebut tepat ditengah-tengah box dan menembus box dari atas ke bawah.

·         Klik pada boxnya
·         Lalu pilih compound objects pada Geometri List
·         Kemudian pilihlah Boolean
·         Perhatikan pada bagian bawah parameter, anda akan menemukan beberapa fungsi Boolean disitu.
·         Pilihlah salah satu fungsi yang anda inginkan
·         Kemudian klik tombol “ Pick Operand B”
·         Lalu klik objek silinder yang ada di viewport.
Tada… sekarang kelihatan kan hasilnya, sekarang lakukan hal yang sama dengan meilih fungsi-fungsi Boolean yang lain ya...

 Gambar di atas adalah Operasi Union

Gambar di atas adalah hasil operasi Intersection




gambar diatas merupakan hasil operasi dari subtraction A-B


…Selamat mencoba…

2012-04-17

Fungsi Boolean Pada 3DS MAX

Beberapa Penjelasan Fungsi Boolean pada 3ds max
Union
Union merupakan fungsi Boolean dimana objek A dan Objek B digabungkan menjadi satu bagian atau satu objek yang utuh. Nah anda juga dapat menggabungkan beberapa buah objek menjadi satu buah objek yang utuh. Objek yang telah di union akan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan lagi, untuk itu hati-hati dalam melakukan union, cek terlebih dahulu objek yang akan kita union pastikan tidak ada lagi yang salah, lalu lakukan proses union. Warna dari objek juga akan menjadi satu warna, yaitu warna dari objek A. Coba perhatikan gambar berikut :










 











Nah bagaimana kalau membuat suatu objek dimana pada bagian-bagian tertentu terdapat warna yang berbeda ?. Pertanyaan ini pasti akan muncul setelah kita akan membuat sebuah objek yang kompleks seperti mesin, rumah dll. Caranya mudah kok… Cara itu dapat dilakukan dengan penggunaan material dan penggunaan ID, tetapi sabar dulu pembelajaran itu tidak kita bahas sekarang , jadi tetap kunjungi blog ini untuk memperoleh artikel selanjutnya ya…

Intersection
Intersection merupakan fungsi Boolean dimana objek A yang bersentuhan atau beririsan dengan objek B diambil menjadi sebuah objek yang baru. Fungsi ini biasanya saya guanakn untuk menggambar komponen-komponen pada mesin. Nah untuk lebih gampangnya akan saya jelaskan dengan gambar berikut : 



 









Subtraction
Subtraction merupakan fungsi Boolean dimana objek A dipotong atau dikurangi oleh besarnya bagian dari objek B yang bersentuhan langsung dengan dengan objek A. Fungsi ini biasanya kita pakai untuk beberapa bagian mesin dan membuat rumah. Contoh untuk rumah nanti akan kita pakai membuat kusen jendela atau dinding rumah. Untuk lebih jelasnya coba kita perhatikan gambar dibawah ini :



2012-04-13

Belajar 3Ds Max Bab I


Pengenalan tampilan dari 3Ds Max 2011

Disini kita akan melihat beberapa komponen-komponen dasar tentang 3Ds Max 2011. Komponen-komponen yang akan kita perkenalkan adalah tools yang akan sering kita pergunakan dalam mendesain modeling-modeling yang akan kita buat. Setiap saat kita akan membutuhkan komponen-komponen ini. Berikut adalah tools yang akan kita pelajari di bab I ini :
  1.  Select Object ( Dipergunakan untuk memilih objek )
  2.  Select by Name ( Dipergunakan untuk memilih objek berdasarkan nama yang ada di daftar )
  3. Select and Move ( Menggeser objek yang sedang dipilih )
  4. Select and Rotate ( Memutar objek yang sedang dipilih )
  5.  Select and Uniform Scale ( Memperbesar atau memperkecil ukuran objek yang sedang terpilih )
  6. Zoom ( Mengatur jarak pandang terhadap objek pada viewport sesuai dengan kebutuhan kita pada viewport yang aktif )
  7. Zoom All  ( Mengatur jarak pandang terhadap objek pada semua viewport sesuai dengan kebutuhan kita )
  8. Zoom Extends ( Menormalkan jarak pandang terhadap objek pada viewport yang aktif )
  9. Zoom Extends All ( Menormalkan jarak pandang terhadap objek pada semua viewport )
  10. Field of View ( Mengatur jarak pandang kita tehadap objek pada viewport yang aktif )
  11. Pan View ( Menggeser viewport yang aktif )
  12. Orbit ( Menggeser sudut pandang terhadap objek )
  13. Maximize Viewport Toggle ( Memunculkan hanya satu viewport yang aktif saja )



Selamat memulai yang baru ya teman-teman