2012-07-12

Tips dan Trik Menggunakan 3Ds Max


Kali ini kita akan melihat bagaimana tips dan trik menggunakan 3ds max agar lebih profesional dan mudah. Disini akan kita lihat beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan agar ketika kita menggambar objek dengan 3ds max bisa menjadi sederhana. Terkadang beberapa orang pengguna aplikasi buatan Autodesk ini kurang memperhatikan hal ini, sehingga membuat mereka sedikit kesulitan dan dalam pengerjaan suatu projek memakan waktu lebih lama.

Sebagai seorang pengguna aplikasi 3d dalam dunia kerja, tidak cukup hanya berpikir bagaimana membuat suatu projek selesai. Tetapi kita dituntut juga untuk menyelesaikan suatu projek dalam waktu yang cepat. Seorang pemilik projek biasanya sangat sensitif dengan masalah waktu. Telat saja sedikit dari waktu yang telah ditentukan akan mempengaruhi keuntungan si pemilik projek, yang tentu saja berpengaruh juga dengan penghasilan kita nantinya.

Tips yang pertama, Gunakan Skala
Salah satu tips dan trik menggunakan 3ds max yang mau saya sarankan disini adalah agar setiap membuat suatu projek usahakan selalu membuat skala. Skala sangat penting dalam membuat suatu model terutama ketika mendesain rumah, mesin, perabotan di dalam rumah atau komponen-komponen mesin dan sejenisnya.

Penggunaan skala akan membuat pekerjaan kita kelihatan lebih profesional dimata pemilik projek. Diluar itu dalam penyelesaian setiap projek akan mejadi lebih cepat karena ketika kita menentukan tinggi dan lebar suatu objek kita tinggal memasukkan besar ukuran objeknya saja. Hal itu akan sangat membantu juga ketika kita membuat banyak objek dalam satu projek. Setiap objek akan kelihatan lebih proporsional ukuranya ketika semua objek ditunjukan dalam satu view secara bersamaan.

Tips yang kedua, Atur besarnya objek 
Membuat skala jangan terlalu kecil dan jangan telalu besar, usahakan skala yang kita buat itu proporsional. Bagaimana kita menentukan apakah besar skala yang kita gunakan itu proporsional ? Sebenarnya tidak sulit, kita usahakan skala yang kita buat itu mengarah ke ukuran kecil, tetapi perlu kita perhatikan kualitas hasil Galeri Render kita nantinya. Karena objek yang sangat kecil akan menghasilkan kualitas hasil render buram atau kabur,  sehingga hasil kerja kita akan dinilai tidak bagus oleh pemilik projek tersebut.

Sekian tips dan trik menggunakan 3ds max dari saya, semoga bermanfaat.

2012-07-09

Belajar 3Ds Max Untuk Dasar Sampai Mahir


Hallo sobat, selamat datang di blog kumpulan pelajaran 3ds max. Blog ini merupakan tempat belajar 3ds max bagi mereka yang masih awam dan juga merupakan reverensi bagi mereka-mereka yang sudah mahir.

Belajar 3ds max
Logo 3ds max 2011

Kebanyakan artikel yang saya tuliskan disini merupakan pengalaman-pengalaman saya di dunia kerja dengan menggunakan 3ds max dan beberapa bagian merupakan pengalaman rekan kerja serta teman-teman yang lain yang sering menggunakan 3ds max.
Kebanyakan tutorial belajar 3ds max di blog ini dibuat dengan menggunakan software 3ds max 2011. Software yang saya gunakan merupakan software legal dengan lisensi perusahaan tempat saya bekerja yang bergerak dibidang otomotif dan merupakan perusahaan Jepang.

Blog ini saya buat untuk tempat berbagi ilmu tentang 3ds max  dan menyalurkan bakat saya dalam menulis dan menuangkan inspirasi.

Blog ini juga tidak luput dari kekurangan dan mungkin kesalahan, untuk itu bagi sobat-sobat semua silahkan diberikan masukan-masukan yang positif yang bermanfaat untuk peningkatan blog ini nantinya hingga blog ini benar-benar menjadi pilihan yang tepat untuk belajar 3ds max.

2012-07-05

Membuat Material Plastik Dof

Membuat Material Plastik Dof Dengan Menggunakan 3DS MAX 2013

Artikel saya kali ini adalah membuat sebuah objek dengan material plastik Dof. Tujuan utama dari artikel kali ini adalah tentang materialnya, jadi untuk objek buat saja sembarang objek.

Nah untuk mempercepat pekerjaan kita, langsung saja deh kita ke TKP, ayo kita kemon....

Ini adalah hasil akhir dari render palstik dof yang akan kita buat, nanti teman-teman tinggal mengaplikasikan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan atau praktek teman-teman nantinya. Biasanya kalau saya material seperti ini selalu saya buat untuk mendesain kaca lemari atau kamar di pekerjaan saya, memang ada sedikit perbedaan, nanti akan saya jelaskan perbedaannya diartikel saya yang lain.

Ini dia...



Nah untuk tahapan pembuatanya adalah sebagai berikut :

> Pertama sekali kita buat sebuah box dan sebuat teapot dan tempatkan diatas sebuah planer
> Kemudian kita masuk ke material dengan menekan tombol M pada keyboard
> Coba kita perhatikan material editor berikut...!


> Klik di kotak nomor satu
> Kemudian klik di kotak nomor empat ( diffuse )
> Kemudian pilih warna yang anda inginkan. Kali ini saya sendiri memilih warna merah
> Lalu dibawah kotak putih terdapat parameter specular level kemudian ubah menjadi  25
> Berikutnya pada parameter glossiness menjadi 15
> Kemudian klik di kotak nomor lima ( Maps )
 > Contreng dibagian reflection untuk mengaktifkan
> Disebelah kanan terdapat tombol none, kemudian klik
> Akan muncul tampilan berikut, lalu pipih Falloff


> Maka akan muncul tampilan berikut :


> Klik tombol none disamping kotak warna putih
> Kemudian pilih Raytrace (Gambar diatas)
> Pada Falloff parameter ubah falloff type menjadi Fresnel dan pada Falloff Direction pilih Viewing Direction (Camera Z-Axis)
> Kemudian lakukan cara yang sama untuk objek teapot

Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat, kalau bermanfaat silahkan tinggalkan komentar ya...